June 15, 2021

Raja Riview

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Mengapa Harus Renovasi Rumah? Berikut Alasan Beserta Estimasi Biaya Renovasi

5 min read

 

 

Rumah yang telah ditempati dalam jangka panjang adakalanya akan mengalami perubahan. Usia rumah yang semakin bertambah bisa jadi membuat rumah menjadi kurang layak atau tidak sebagus dulu. Itu artinya Anda sudah harus memikirkan tentang rencana renovasi rumah. Renovasi rumah memang diperlukan, entah karena faktor rumah yang sudah kurang layak atau sekedar ingin berganti suasana.

Renovasi rumah itu sendiri bisa dalam skala kecil atau besar. Skala kecil yang dimaksud disini adalah Anda hanya ingin memperbarui sedikit bagian saja, seperti mengganti keramik teras belakang atau keramik kamar mandi. Sedangkan skala besar misalnya ketika Anda berkeinginan untuk mengubah total desain dapur atau ruang tamu. Dengan begitu Anda perlu membongkar ruangan – ruangan tersebut.

Lebih dari itu, berikut adalah beberapa alasan umum yang mengharuskan Anda untuk merenovasi rumah:

Rumah Tidak Nyaman

Meski kenyamanan ini sifatnya relatif karena banyak faktor yang ada di dalamnya. Bisa jadi rumah tidak nyaman untuk dihuni karena desain yang tidak sesuai keinginan, warna cat yang membosankan, pengap dan sulitnya mendapat pencahayaan maupun faktor lainnya.

Selain itu faktor dari luar juga bisa mempengaruhi keinginan Anda untuk merenovasi rumah, mungkin karena lingkungan yang berubah membuat Anda tidak nyaman tinggal di rumah, yang pada akhirnya Anda juga perlu menyesuaikan bangunan rumah dengan lingkungan tempat tinggal.

Ingin Suasana Baru

Rasa bosan adalah sifat naluriah manusia. Wajar adanya apabila Anda merasa bosan dengan suasana dan desain rumah yang begitu – begitu saja. Terlebih rumah adalah hunian yang Anda diami dalam jangka waktu yang lama, jadi tidak ada salahnya jika kini Anda berencana untuk melakukan renovasi rumah.

Merenovasi rumah dengan mengikuti tren – tren rumah kekinian mungkin akan membuat rumah menjadi lebih menarik dan nyaman untuk ditinggali. Sebelumnya, pikirkan dan rencanakan dengan matang desain seperti apa yang Anda dan keluarga inginkan. Untuk renovasi rumah ini Anda bisa melakukannya dalam skala kecil atau besar, menyesuaikan kebutuhan.

Suasana baru tidak hanya berkaitan dengan interior saja, tetapi mungkin ingin mendapatkan suasana baru dengan eksterior yang bagus. Misalnya ingin menambahkan unsur taman di halaman rumah anda. Jika demikian, maka anda perlu mencari tukang taman Jakarta agar impian anda ini tercapai.

Butuh Ruang Tambahan

Bukan tidak mungkin di suatu waktu Anda memiliki anggota baru dan membutuhkan kamar tambahan untuk bisa ditempati. Terlebih rumah Anda adalah rumah yang sengaja didesain minimalis dan biasanya mempunyai jumlah ruang dan kamar terbatas, sehingga saat membutuhkan ruang tambahan maka perlu dilakukan renovasi rumah sebagai solusinya.

Jika rumah minimalis anda tidak cukup untuk membuat space tambahan. Maka anda bisa mengantisipasinya dengan mendesain kamar atau ruangan yang multiguna. Misalnya dengan memasang ranjang tingkat yang bisa ditempati dua orang.

Ada Bagian Rumah yang Rusak

Kondisi cuaca yang tidak stabil berpotensi membuat bagian – bagian tertentu menjadi rusak. Umumnya bagian yang rentan rusak karena cuaca atau lingkungan adalah cat rumah, pagar atau atap.  Agar kerusakan ini tidak terulang kembali di lain hari, sebaiknya Anda melakukan renovasi rumah dengan mempertimbangkan unsur – unsur yang bisa membuat bagian – bagian tersebut lebih awet.

Tentu bagian atau sudut rumah yang rusak bisa membuat kita yang menghuninya menjadi tidak nyaman. Bahkan, ini akan berpengaruh juga ketika ada tamu datang ke rumah kita, bukan?

Estimasi Biaya Yang Diperlukan Untuk Renovasi Rumah

Memiliki rumah yang nyaman dan aman adalah impian bagi semua orang. Rumah yang nyaman dan aman memberikan rasa betah untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Sebelum sobat membeli sebuah rumah, tentu harga dari rumah tersebut menjadi bahan pertimbangan.

Sekarang ini sudah menjadi tren membuat dan merenovasi rumah minimalis yang nyaman dan lebih terjangkau. Biaya renovasi rumah minimalis lebih terjangkau dan hemat di kantong dan sobat bisa menentukan sendiri desainnya.

Terbatasnya lahan membuat sobat harus bisa memaksimalkan ruang yang ada. Bagi sobat yang menginginkan rumah minimalis, harus mengetahui estimasi biaya dalam pembangunannya. Sobat harus teliti dan cermat sebelum membangun sebuah rumah minimalis agar tidak menguras kantong saat proses renovasi rumah berlangsung. Yuk simak ulasan berikut tentang biaya renovasi rumah minimalis.

Menghitung biaya renovasi secara umum

Sebelum memulai renovasi, sobat harus menghitung biaya pembangunan dengan perhitungan kasarnya secara umum. Sobat bisa mendapatkan informasi dari teman-teman yang sebelumnya sudah pernah membangun rumah.

Semakin luas bangunan yang akan sobat renovasi maka semakin besar juga biaya yang harus sobat keluarkan. Sebelum sobat mau menghitung biayanya, sobat harus menentukan terlebih dahulu tipe rumah yang diinginkan agar semuanya lebih jelas.

Melakukan perhitungan harga satuan

Material yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah hunian cukup banyak. Dari material-material yang dibutuhkan, sobat bisa menghitung besaran biaya renovasi rumah minimalis. Mencari daftar harga material bangunan bisa menjadi acuan dalam menentukan biaya renovasi. Setelah sobat membuat denah rumah, sobat bisa merinci material yang dibutuhkan berdasarkan luas bangunan yang sobat inginkan. anda juga bisa melihat reverensi di Google

Memperkirakan ongkos jasa tukang

Selain dua hal di atas, sobat harus memperkirakan ongkos jasa tukang yang harus dibayar dalam proses pembangunan berlangsung. Keberadaan tukang sangat penting karena merekalah yang menjadi penggerak terwujudnya rumah minimalis impian sobat.

Biasanya biaya ongkos tukang per harinya dihargai sekitar Rp. 75.000 hingga Rp. 100.000. Semakin banyak pekerja maka rumah yang sobat renovasi akan semakin cepat selesai.

Sobat bisa memilih pekerja harian maupun borongan. Sobat perlu mengetahui, bahwa harga untuk mempekerjakan tukang borongan memang lebih murah, namun biasanya hasil pekerjaannya seringkali mengecewakan. Hal ini dikarenakan pekerja borongan dibayar lebih murah dan dituntut bekerja tepat waktu sehingga seringkali mengabaikan hasil sesuai keinginan pemilik rumah.

Menyisihkan dana untuk biaya tak terduga

Selain biaya yang disebutkan di atas, sobat perlu menyisihkan biaya yang tidak terduga di dalam anggaran. Biaya tak terduga ini sangat diperlukan apabila ada biaya-biaya lain yang dibutuhkan selama proses renovasi rumah berlangsung.

Biaya ini digunakan sebagai antisipasi dan persiapan apabila ada tambahan kebutuhan yang lain untuk mempercantik rumah minimalis sobat. Sobat bisa menambahkan 10% dari biaya renovasi rumah minimalis secara keseluruhan sebagai biaya tak terduga.

merenovasi rumah impian tidak terlalu membingungkan, bukan? Sobat hanya perlu mendesain rumah idaman sehingga sobat bisa membuat estimasi budget untuk renovasi rumah. Membangun rumah sendiri bisa memperkirakan biaya renovasi rumah minimalis dan hal tersebut bisa menekan biaya yang sobat keluarkan.

Demikianlah ulasan tentang kapan anda harus merenovasi rumah beserta estimasi biaya yang diperlukan untuk merenovasi rumah minimalis. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi sobat sehingga sobat bisa membangun rumah sesuai dengan yang diinginkan dan diperhitungkan. Selamat membangun rumah impian sobat, sehingga waktu berkumpul bersama keluarga di rumah menjadi lebih bermakna.

 

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.