Inilah Profil, Perjalanan Karier, dan Prestasi Jairo Riedewald, Pemain Asal Belanda Berdarah Indonesia

Pemain bola asal Belanda berdarah Indonesia bernama Jairo Riedewald kini menjadi sorotan berkat munculnya berita mengenai dirinya yang ingin membela Tim Nasional Indonesia. Hal ini menjadi berita baik untuk sepak bola di Indonesia.

Pemain yang kini memperkuat Crystal Palace tersebut sudah dihubungi oleh Hasani Abdulgani sebagai Komite Disiplin PSSI melalui saudara dari nenek Jairo. Makin penasaran dengan sosok Jairo Riedewald bukan? Untuk lebih tahu lebih dalam, simak ulasannya berikut iini.

1. Profil Jairo Riedewald

Atlet sepak bola profesional yang memiliki nama lengkap Jocqulm Riedewald ini lahir di kota Harrlem, Belanda pada 9 September 1996.

Pria yang memiliki nama pendek Jairo Riedewald ini mengaku bahwa dirinya memiliki darah keturunan Indoenesia. Riedewald memiliki ayah yang merupakan keturunan Suriname dan sang Ibu yang memiliki keturunan Belanda dan Indonesia. Darah Indonesia dari ini karena nenek Riedewald adalah orang asli Ambon.

2. Karier Sepak Bola.

Jairo Riedewald memulai karier sepakbola berawal dari akademi SV Overbos. Kemudian Ia pindah ke Akademi Ajax saat berusia 11 tahun. Berikut perjalanan karier Jairo Riedewald sebagai atlet sepak bola:

a. Kontrak Profesional Pertama.

Jairo Riedewald mendapatkan kontrak profesional pertamanya bersama Ajax di Bulan Maret 2013. Riedewald lalu bermain di divisi kedua atau Eerste Divisie di Belanda bersama tim Jong Ajax.

b. Debut Bersama Tim Senior Ajax.

Berkat penampilannya yang luar biasa, di tahun yang sama Riedewald melakukan debut untuk tim senior Ajax pada kompetisi Piala Belanda. Pada musim 2013/2014, Jairo Reidewald berhasil membawa Ajax menjuarai Eredivisie dan memperkuat tim di Liga Europa sekaligus masih memperkuat Jong Ajax di Eerste Divisie hingga mencapai UEFA Youth League.

Pada musim 2014/2015, Riedewald semakin mendapatkan kepercayaan setelah hengkangnya Niklas Moisander. Empat musim lamanya Jairo Reidewald membela tim Ajax senior, kemudian Ia memutuskan untuk merantau ke Liga Inggris.

c. Resmi Direkrut Crystal Palace.

Secara resmi Crystal Palace memboyong Jairo Reidewald dengan biaya 9 juta euro pada Juli 2017. Namun pada saat itu, Ia tidak memiliki banyak kesempatan di awal kedatangannya.

Musim 2020/2021 merupakan musim terbaik bagi Jairo Riedewald bersama Crystal Palace. Pada waktu itu Dia tercatat tampil sebagai 34 pertandingan di semua ajang dengan menorehkan dua gol.

Di musim selanjutnya, tempat Jairo Riedewald tergeser oleh Conor Gallagher setelah Crystal Palace meminjamnya dari Chelsea. Pada saat itu, Riedewald baru menjalani 3 pertandingan di Liga Inggris dan satu kali di Piala FA.

d. Kariernya Bersama Tim Nasional Belanda.

Jairo Riedewald mengawali karirnya di level timnas Belanda sejak dari Timnas Belanda U-15. Kemudian, Ia menjalani debut untuk Tim Nasional Belanda senior pada September 2015. Pada saat itu, Jairo Reidewald masih berusia 18 tahun 11 bulan 28 hari.

3. Prestasi Jairo Reidewald.

a. Piala Liga Belanda Bersama Ajax U17 pada tahun 2013.

Selain membawa Ajax menjadi winterkampioen, Dua gol dari Jairo Riedewald menjadi sangat istimewa karena berhasil membalikan keadaan menjadi 2-1 melawan Roda JC

b. Piala Liga Belanda Bersama Ajax U19 pada tahun 2014.

Dengan ketatnya jadwal pertandingan pada tahun 2014, Riedewald harus berjuang untuk 2 tim Ajax yaitu Jong Ajax dan Ajax senior, Meski begitu, Jairo Reidewald mampu membawa 2 tim tersebut menjuarai Liga Belanda.

c. Piala Liga Belanda Bersama Ajax Senior Musim 2013/2014.

Menjadi musim pertama Jairo Reidewald sekaligus berhasil membawa Ajax menjuarai Liga Belanda pada musim 2013/2014.